Selasa, 29 September 2009

200 Ribu Pelanggan PLN Alami Pemadaman Bergilir

Jakarta - Terbakarnya travo di Gardu Induk Tegangan Tinggi Cawang menyebabkan sebagian wilayah di Jakarta mengalami pemadaman bergilir. 11 Gardu Induk padam sehingga tidak dapat memasok listrik ke sebagian masyarakat.

11 Gardu tersebut adalah, Cawang Baru, Cipinang, Pulomas, Gambir, Manggarai, Duren Tiga, Mampang, Karet Lama, Taman Rasuna Kuningan, Abadi Guna Papan dan Danayasa.

Travo induk tersebut berfungsi untuk menurunkan tegangan 500 KV ke gardu induk 150 KV. Dari gardu induk diturunkan ke gardu distribusi 20 KV. Barulah disalurkan ke rumah-rumah dengan tegangan 220 Volt.

"Kira-kira ada 200 ribu pelanggan yang mengalami pemadaman," ujar General Manager Distribusi PLN Jakarta Raya dan Tangerang, Purnomo Wili.

Hal tersebut disampaikan dia di dalam jumpa pers di kantornya, Jl Mayjen Sutoyo, Jakarta Timur, Selasa (29/9/2009).

Untuk mengantisipasinya PLN berusaha melakukan manuver jaringan 150 KV. Terutama dari Tangerang dan Depok.

PLN juga belum bisa memastikan kapan pasokan listrik akan kembali normal. Untuk mengurangi beban masyarakat PLN akan menyediakan 300 genset yang akan disalurkan ke fasilitas umum.

"Penyebab kebakaran dan kerugian juga belum bisa dipastikan karena kami masih fokus pada upaya perbaikan," jelas Direktur Operasi PLN Jawa Bali Murtaqi Syamsuddin.

(rdf/mad)

0 komentar:

Posting Komentar